4 min baca Tips Meningkatkan Penghasilan Freelancer di IFreelance

Tips Meningkatkan Penghasilan Freelancer di IFreelance

IFreelance adalah platform marketplace freelancer Indonesia yang saat ini sedang naik daun, dan untuk sukses di sini, diperlukan strategi yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara meningkatkan penghasilan di IFreelance melalui dua features seller yang ada, yaitu menggunakan Catalog dan Proyek.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan penghasilan Anda sebagai freelancer di IFreelance:


Maksimalkan Penggunaan Catalog:


1. Perbaiki Judul dan Thumbnail Layanan


Judul dan thumbnail layanan adalah dua hal pertama yang dilihat oleh calon klien saat mereka mencari layanan di IFreelance. Pastikan judul , thumbnail dan deskripsi Anda jelas, menarik dan berisi kunci yang relevan dengan layanan yang Anda tawarkan.


2. Harga yang Wajar


Menawarkan harga yang wajar adalah cara yang baik untuk menarik lebih banyak klien. Coba bandingkan harga Anda dengan freelancer lain di bidang yang sama untuk mengetahui berapa kisaran harga yang sesuai, tapi perlu di ingat jangan menawarkan harga terlalu rendah dari pasaran ini akan membuat anda terlihat tidak profesional di mata klien.


3. Buat Paket Layanan


IFreelance memungkinkan Anda untuk menawarkan tiga paket layanan dalam Layanan Anda yaitu basic, standar dan premium. Manfaatkan fitur ini untuk menarik berbagai jenis klien dengan berbagai paket harga dan keunggulan dari paket-paket tersebut.


4. Tambah Video dan Gambar menarik ke Layanan Anda


Anda bisa menambahkan video dari youtube channel anda, video dapat membuat layanan anda lebih menarik dan memberi klien gambaran lebih baik tentang apa yang anda tawarkan. Kemudian upload beberapa gambar layanan dengan resolusi yang sesuai saran dari IFreelance agar tampil menarik di situs maupun di aplikasi mobile. Pastikan juga materi visual Anda profesional dan berkualitas tinggi.


5. Manfaatkan Feature Share


Bagikan catalog layanan anda ke sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok maupun Whatsapp agar semakin banyak pengunjung ke profil anda. Semakin banyak pengunjung ke catalog dan profile anda secara otomatis akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pesanan.


6. Ajak Klien Memberikan Ulasan Positif


Ulasan positif sangat penting di IFreelance. Mereka dapat menarik lebih banyak klien dan membuat Anda terlihat lebih professional. Jadi, mintalah pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan begitu pekerjaan selesai.


7. Konsisten dan Tepat Waktu


Pastikan Anda dapat memenuhi semua tenggat waktu dan menjaga kualitas kerja Anda tetap tinggi. Jika Anda dapat dipercaya dan selalu tepat waktu, Anda lebih mungkin mendapatkan ulasan positif dan pekerjaan yang berkelanjutan.


8. Layani Klien Dengan Baik


Berikan layanan pelanggan yang luar biasa. Menghargai klien dan berkomunikasi dengan baik dengan mereka dan berikan solusi cepat jika ada masalah.


Lakukan Bidding di Feature Proyek


Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan penghasilan Anda sebagai freelancer di Ifreelance melaui features proyek:


1. Lengkapi Profil Anda


Profil Anda adalah titik awal bagi klien untuk melihat skill dan pengalaman Anda. Pastikan profil Anda sudah lengkap dengan mengisi photo profil, skill, portfolio dan deskripsi, ini akan meyakin kan calon klien untuk menggunakan jasa anda. Buatlah tampilan profil sebagus mungkin mungkin yang menampilkan Anda sebagai profesional dengan keahlian yang mereka butuhkan. Jangan lupa pastikan semua informasi relevan dan up-to-date.


2. Kirim Proposal yang Meyakinkan


Sebelum melakukan bidding pastikan cari proyek yang relate dengan skill anda, ini untuk menghindari masalah yang akan datang jika anda mengerjakan proyek di luar skill yang di punyai. Kirimlah proposal dengan deskripsi yang lengkap beserta pengalaman dengan proyek yang sama yang pernah di kerjakan jika ada. Sebaiknya kirim proposal yang tidak hanya membuat Anda berbeda dari freelancer lain, tetapi juga memahami kebutuhan potensial klien.


3. Tingkatkan Skill Anda


Memperluas keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang tertentu akan selalu membuat Anda menjadi kandidat yang lebih menarik. Lakukan kursus online atau belajar skill baru yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.


4. Mengatur Harga Anda dengan Bijak


Tarif Anda harus mencerminkan keterampilan dan pengalaman Anda. Jangan menetapkan harga terlalu rendah dalam upaya mendapatkan lebih banyak jobs, ini bisa memberi sinyal bahwa kualitas kerja Anda rendah. Sebaliknya, jangan juga menetapkan harga terlalu tinggi yang bisa mengurangi ketertarikan klien. Buat penyesuaian tarif Anda berdasarkan umpan balik dan tingkat permintaan Anda.


5. Berikan saran kepada Klien jika di perlukan


Banyak klien di IFreelance mungkin tidak sepenuhnya memahami apa yang mereka butuhkan. Sebagai freelancer, Anda harus memperjelas proses, saran dan hasil yang dapat mereka harapkan. Ini akan membangun kepercayaan dan membuat klien merasa lebih nyaman bekerja dengan Anda.


6. Jaga Komunikasi dengan Klien


Komunikasi sangat lah penting di dunia Freelance apalagi karakter klien dari indonesia kebanyakan dari mereka suka bertanya-tanya seperti sedang interview sebelum melakukan order. Bangunlah komunikasi dengan klien sebaik mungkin walaupun proyek telah selesai, jangan pernah tidak membalas pesan mereka dan usahakan tidak slow respons ini akan meningkatkan persentase klien untuk mempekerjakan anda kembali di kemudian hari


Mengikuti tips ini dapat membantu Anda meningkatkan penghasilan Anda di IFreelance. Menerima lebih banyak pekerjaan dan mendapatkan ulasan yang baik akan meningkatkan peringkat profil Anda, yang pada gilirannya dapat menghasilkan lebih banyak penghasilan. Ingatlah bahwa menjadi sukses dalam freelancing membutuhkan waktu, jadi kuatkan profil dan portofolio Anda secara konsisten dan berikan layanan terbaik kepada klien.



Bagikan